Herbal Untuk Kesehatan  

Posted by Catatan Si Boy in ,

Pada masa lalu, sebelum ditemukan sistem pelayanan kesehatan dengan mengunakan obat-obatan modern, masyarakat telah menggunakan berbagai macam jenis tanaman untuk mengobati penyakit yang mereka derita.

Mereka mengambil daun, akar, batang, kulit atau bunga maupun buah dan bijinya untuk dibuat ramuan. Setelah beberapa bahan dicampur menjadi satu, kemudian dijadikan obat. Ramuan obat ini dinamakan sebagai herbal atau jamu.
Sampai saat ini penggunaan herbal atau jamu masih terus berlangsung. Bahkan cenderung menunjukan grafik peningkatan. Di Indonesia sendiri, yang wilayahnya merupakan hutan tropis banyak ditemukan berbagai macam tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk herbal. Dan itu telah terbukti khasiatnya.


Herbal Diterima Di Masyarakat

Banyak dokter atau ahli pengobatan mengadakan Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui kegunaan suatu tanaman bagi kesehatan manusia. Beberapa hasil dari penelitian ini telah disebar luaskan pada khalayak, agar bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Berikut ini beberapa contoh tanaman yang menurut penelitian bisa digunakan sebagai herbal yang bisa punya manfaat untuk kesehatan atau penyembuhan suatu penyakit.

1. Bawang putih
Hasil penellitian dari tanaman ini menunjukan bila dikonsumsi secara teratur akan bisa mengendalikan kolesterol di dalam tubuh.

2. Bunga melati
Tanaman ini juga punya banyak manfaat. Yang terbanyak bukan pada bunganya yang mungil berwarna putih bersih itu. Manfaat terbesar justru pada daun yang bisa dipakai untuk menyembuhkan sakit mata, demam, pusing, sesak nafas dan lain-lain.

3. Mengkudu
Hasil penelitian dari buah mengkudu ini sangat menggembirakan. Meski baunya tidak sedap namun bisa dibuat herbal untuk menyembuhkan hipertensi, sakit kuning, demam, batuk dan sakit perut.

4. Murbei
Tanaman ini biasanya dibudidayakan untuk makanan pokok ulat sutera. Namun setelah dilakukan penelitian secara seksama, dalam daun murbei terdapat zat-zat yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan sakit tekanan darah tinggi, kencing nanah, bisul, rematik dan lain-lain. Jika dimasak seperti sayur dan dimakan secara teratur bisa memperbanyak keluarnya ASI (air susu ibu)

5. Nanas
Buah ini rasanya sangat segar. Dan di balik kesegarannya banyak mengandung vitamin (A dan C), kalsium, fossfor, megnesium dan zat-zat lain. Adapun kegunaannya adalah untuk menghilangkan cacingan, menyembuhkan radang tenggorokan serta pencernaan yang terganggu.

6. Pare
Buah ini rasanya pahit namun banyak yang suka. Bentuknya panjang dan kulitnya tidak rata karena penuh tonjolan. Manfaatnya juga banyak. Antara lain untuk mengusir diabetes, disentri, malaria, sakit lever dan kencing nanah.

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak lagi jenis tanaman lain yang juga bisa digunakan sebagai herbal atau jamu. Jumlahnya sangat banyak. Mungkin bisa mencapai ribuan. Sampai saat ini berbagai macam penelitian masih terus dilakukan untuk mengetahui kandungan zat yang ada pada masing-masing tanaman dan faedahnya untuk kesehatan maupun penyembuhan.

Penggunaan herbal sebagai alternatif pengganti obat modern bila memakai takaran yang tepat bisa memberi hasil yang bagus. Efek sampingnya juga relatif lebih kecil. Selain itu harganya juga lebih terjangkau.

Namun ada yang perlu diperhatikan dalam penggunaan herbal. Yaitu membutuhkan waktu yang kadangkala lebih lama dibandingkan dengan menggunakan obat modern. Jadi diperlukan kesabaran dan ketelatenan.
sumber : anneahira.com

This entry was posted on 15.11.10 at Monday, November 15, 2010 and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 comments

Post a Comment

Populer

Obat Tradisional

Sejak dahulu obat tradisional sudah dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Sebelum dikenal adanya obat-obatan modern yang saat ini banyak dijual di pasaran, masyarakat biasanya menggunakan obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit yang diderita.

Obat Tradisional adalah obat-obatan yang berasal dari alam. Obat-obatan tradisional biasanya dihasilkan dari sejumlah tanaman obat yang tumbuh di sekitar kita. Obat tradisional dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit, baik penyakit yang tergolong akut ataupun penyakit yang sudah tergolong kronis.